Sabtu, 11 April 2015

PECAHAN



PECAHAN


Pada postingan ini kita akan membahas tentang pecahan, tetapi pecahan untuk kelas 5 SD atau pecahan untuk kelas 5 SD karena pecahan pada postingan ini untuk kelas 5 SD
A.      Bentuk Pecahan, Persen, dan Desimal
1.       Mengubah bentuk pecahan kebentuk persen
Mengubah bentuk pecahan kebbentuk persen dengan cara mengalikannnya dengan 100%.
Contoh :
Ubah 2/5 kebentuk persen
Jawab
2/5 x 100% = 200/5% = 40%
2.       Mengubah bentuk persen kebentuk pecahan
Mengubah bentuk persen kebentuk pecahan dengan cara mengganti bentuk a% menjadi a/100
Contoh :
Mengubah bentuk 40% menjadi bentuk pecahan
Jawab
40% = 40/100 = 40:20/100:20 = 2/5
Dari contoh diatas 20 merupakan FPB dari 40 dan 100
3.       Mengubah bentuk pecahan kebentuk decimal
Mengubah pecahan kebentuk decimal dengan cara pembilang dibagi oleh penyebut
Contoh :
Ubahlah 2/5 menjadi pecahan decimal
Jawab
Keterangan :
2 : 5 adalah tidak tepat sehingga tambahkan nol pada 2 sehingga menjadi angka 20, selanjutnya dibagi seperti biasa.
Atau menjadikan penyebut menjadi 100 :
2/5 = 2x20/5x20 = 40/100 = 0,40 = 0,4
4.       Mengubah bentuk decimal kebentuk pecahan 
       Mengubah bentuk decimal kkebentuk pecahan dengan cara penyebut dijadikan bilangan puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya…
Dan seterusnya…
Contoh :
Ubahlah 0,75 menjadi bentuk pecahan
Jawab
0,75 = 75/100 = 75:25/100:25=3/4
Ingat
·         Satu angka dibelakang koma berarti per sepuluh (…/10)
·         Dua angka dibelakang koma berarti per seratus (…/100)
·         Tiga angka dibelakang koma berarti per seribu (…/1000)
·         Empat angka dibelakang koma berarti per sepuluhribu (…/10.000)
B.      Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
1.       Penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut yang sama
Penjumlahan maupun pengurangan dengan penyebut yang sama maka pecahan tersebut langsung saja dijumlahkan atau dikurangkan
Contoh :
¾ + 2/4 = 5/4
¾ - 2/4 = ¼
2.       Penjumlahan dan pengurangan dengan pecahan dengan penyebut yang berbeda
Penjumlahan maupun pengurangan pecahan dengan penyebut yang berbeda tidak bisa langsung dijumlahkan atau dikurangkan, melainkan harus disamakan dahulu penyebutnya. Menyamakan penyebut biasanya dilakukan dengan mencari KPK dari penyebut tersebut.
Contoh :
·         7/8 + 3/12 = …
KPK dari 8 dan 12 adalah 24, sehingga :
7/8 + 3/12 = 21/24 + 6/24
= 27/24 = 9/8 = 1 1/8
·         7/8 – 3/16 = …
KPK dari 8 dan 16 adalah 16, sehingga :
7/8 + 3/16 = 14/16 – 3/16
= 11/16
3.       Penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran
Contoh :
·         2 1/3 + 3 2/5 …
KPK dari 3  dan 5 adalah 15, sehingg :
2 1/3 + 3 2/5 = 2 5/15 + 3 6/15
= 5 11/15
·         3 ½ - 1 2/5 = …
KPK dari 2 dan 5 adalah 10, sehingga :
3 ½ - 1 2/5 = 3 5/10 – 1 4/10
= 2 1/10
4.       Penjumlahan dan pengurangan pecahan decimal
Contoh :
·         0,3 + 0,17 = …
Jawab
·         0,3 – 0,16 = …
Jawab





C.      Perkalian dan Pembagian Bentuk Pecahan
1.       Perkalian dan pembagian pecahan dengan pecahan
Contoh :
2/3 x 1/5 = 2x1/3x5
= 2/15
Pembagian pecahan dilakukan dengan cara mengganti kali dengan bagi dan membalik pecahan yang kedua
Contoh :
4/5 : 2/3 = 4/5 x 3/2
= 12/10 = 6/5
2.       Perkalian dan pembagian pecahan dengan pecahan decimal
Contoh :
·         ½ x 25% = ½ x 25/100
= 25/200 = 1/8
·         ¾ x 0,2 = ¾ x 2/10
= 6/40 = 3/20
·         ¾ : 0,5 = ¾ : 5/10
= ¾ x 10/5
= 30/20
= 3/2
D.      Perbandingan dan Skala
1.       Perbandingan
Contoh :
Umur ayah 40 tahun sedangkan umur adik 12 tahun. Tuliskan perbandingan umur ayah dan umur adik
Jawab
Umur ayah = 40
Umur adik = 12
Jadi perbandingan umur ayah dan umur adik adalah 40 : 12 atau 10 : 3 atau juga 10/3
2.       Skala
Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya
Skala = jarak peta/jarak sebenarnya
Contoh :
Jarak antara Liya dan Wanci adalah 10 km. jarak pada peta adalah 5 cm. tentukan sakala yang digunakan peta tersebut.
Jawab
Jarak sebenarnya = 10 km = 100.000 cm
Jarak pada peta = 5 cm
Skala = jarak peta/jarak sebenarnya
= 5/100.000
= 1/20.000
Jadi, skala yang digunakan adalah 1 : 20.000
Keterangan :



Mohon maaf jika ada kesalahan
Penulis menunggu kritik dan saran anda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar